Sabtu, 19 Februari 2022

Menulis Buku Terbaik Perpusnas

  PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI 

Resume

Pertemuan       : 14

Kelas                : Gel. 23

Materi              : Menulis Buku Terbaik Perpusnas

Narasumber    : Dr. Mudafiatun Isriyah

Moderator       : Widya Setianingsih


Peluang yang begitu besar untuk meningkatkan kemampuan berliterasi di zaman digital saat ini. Setelah belajar dari beberapamateri di pelatihan Belajar Menulis PGRI hari ini kami disuguhkan materi dengan tema “Menulis Buku Terbaik Perpusnas” oleh narasumber cantik Dr. Mudafiatun Isriyah,   beliau  adalah seorang dosen dan pengajar di FIP prodi BK UNIPAR Jember. Beliau lahir di Lumajang, 21 April 1969. Jika ingin mengenal dan berkeperluan maka bias menghubungi beliau di no Hp 082226529305. Sebagai moderator malam pertemuan ke-14 ini adalah ibu cantik Widya Setianingsih. 




Bu Muda adalah seorang penulis terbaik Perpusnas, malam ini kita akan mengulik habis rahasia Beliau hingga meraih kesuksesan. Buku duet dengan Prof Ekoji yang berjudul : Implementasi Social Presence dalam Bimbingan Online dalam Perspektif Komunikasi Personal, Interpersonal dan Impersonal ISBN: 978-623-01-0786-3. Menghantarkan Beliau menjadi Pemenang Buku Terbaik 1 (Tema Pendidikan Jarak Jauh) Perpusnas 13 September 2021) .Ini adalah foto Beliau saat menerima penghargaan, bersama profesor Richardus Eko Indrajit


Menurut Bu Muda, menulis sama dengan keterampilan-keterampilan yang lain seperti keterampilan membuat kue, membuat anyaman, berhitung, komputer, dan lain-lain yang dapat diperoleh dengan cara mempelajarinya dan mempraktikkannya. Setiap keterampilan yang diperoleh dengan cara mempraktikkannya harus sering diulang-ulang atau dilatih secara menerus atau berkesinambungan.

 Menulis sama dengan keterampilan-keterampilan yang lain seperti keterampilan membuat kue, membuat anyaman, berhitung, komputer, dan lain-lain yang dapat diperoleh dengan cara mempelajarinya dan mempraktikkannya. Setiap keterampilan yang diperoleh dengan cara mempraktikkannya harus sering diulang-ulang atau dilatih secara menerus atau berkesinambungan.

Menulis adalah sebuah keterampilan berbahasa walaupun kita bukan guru bahasa Indonesia sudah seharusnya orang Indonesia yang ingin menulis dalam bahasa Indonesia maka selanjutnya,  suka atau tidak suka menjadi suatu  keharusan bisa menulis atau mengarang dengan Bahasa Indonesia dengan benar. Untuk menjadi seorang penulisdan akan mengajarkannya  pada orang lain maka penulis harus mengajarkan menulis pernah memiliki pengalaman menulis. Terbiasa menulis karangan, pengarang dapat mengajarkan mengarang dengan baik kepada para siswanya. 

wawasan tentang konsep menulis dan konsep menulis sebagai proses.

  1. Menjelaskan pengertian menulis;
  2. Menguraikan manfaat menulis;
  3. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab keengganan seseorang dalam menulis;
  4. Menerangkan mitos-mitos dalam menulis;
  5. Menemukan hubungan menulis dengan berbagai aspek keterampilan berbahasa lainnya;
  6. Menjelaskan pengertian menulis sebagai proses;
  7. Menjabarkan setiap fase dalam proses menulis.

 Ada empat unsur komunikasi berbahasa (verbal) yang terjadi dalam proses menulis, yaitu.    

1. Penulis sebagai penyampai pesan, 

2. Pesan atau sesuatu yang disampaikan penulis,

3. Saluran atau medium berupa lambang-lambang bahasa tulis seperti huruf dan tanda                         baca, serta

4. Penerima pesan, yaitu pembaca, sebagai penerima pesan yang disampaikan oleh penulis.

Fungsi menulis secara personal,

    1.  Mengekspresikan pikiran, sikap, atau perasaan pelakunya, yang diungkapkan melalui misalnya surat atau buku harian.
    2. Fungsi instrumental (direktif), yaitu mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain.
    3. Fungsi interaksional, yaitu menjalin hubungan sosial.
    4.  Fungsi informatif, yaitu menyampaikan informasi, termasuk ilmu pengetahuan.
    5. Fungsi estetis, yaitu untuk mengungkapkan atau memenuhi rasa keindahan.

Tujuan Menulis:

a. Mengubah keyakinan pembaca.

b. Menanamkan suatu pemahaman kepada pembaca.

c. Merangsang proses berpikir pembaca.

d. Menyenangkan dan menghibur pembaca.

e. Memberitahu pembaca.

f. Memotivasi pembaca

Manfaat Menulis adalah

a Peningkatan kecerdasan.

b Pengembangan insiatif dan kreativitas.

c Penumbuhan keberanian.

d Pendorong kemauan dan keterampilan mengumpulkan informasi.

Menurut Hairston (Nursisto, 1999: 8) juga mamaparkan beberapa manfaat menulis sebagai berikut.

a Sarana untuk menemukan sesuatu.

b Memunculkan ide baru.

c Melatih keterampilan mengorganisasi dan menjernihkan sebagai

konsep atau ide.

d Melatih sikap objektif pada diri seseorang.

e Membantu meyerap dan memproses informasi.

f Melatih untuk berpikir aktif

Bila mendapatkan ide, segeralah menulis di kertas, buku catatan atau media lainnya agar bisa ditindak lanjuti bila telah punya waktu untuk memulai proses penulisan. Hal ini dibutuhkan untuk menghindari hilangnya ide saat itu. Ide biasanya didapatkan dari berbagai sumber, antara lain dengan: membaca buku,membaca jurnal ilmiah, berdiskusi, menghadiri seminar, mengamati fenomena di masyarakat, atau berasal dari sumber lainnya. Terimakasih bu Muda sebagai narasumber dan bu widya sebagai moderator.


Membuat Cover Buku yang Menarik

 PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI Resum e   Pertemuan       :  27 Kelas               : Gel. 23 Materi              : Membuat Cover ...