Rabu, 02 Maret 2022

Pemasaran Buku

PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI 

Resume

Pertemuan       : 19

Kelas                : Gel. 23

Materi              : Pemasaran Buku 

Narasumber    : Agus Subardana, M. Pd.

Moderator       : Raliyanti


Setelah membaca Al-Qur'an aku luangkan waktu untuk meulis narasi ini, aku buka grub belajar menullis dan menulis tema materi yang akan di sampaikan pada pertemuan ke-19. Narasumbernya adalah Bapak Agus Subardana, SE., M.M. beliau adalah direktur marketing Penerbit Andi Offset dengan moderator ibu Raliyani yang kemarin juga membersamai kami di pertemuan ke-6 perempuan hebat dan cantik. Sebentar lagi aku harus meninggalkan laptop ini karena berkeinginan mendengar tausiyah peringatan Isra' Miraj di Masjid Agung Natuna yang jaraknya dari rumahku sekitar 15 menit pakai motor, malam ini ditugaskan mendampingi para siswa untuk memeriahkan atau mensyiarkan agama. 


Ternyata menyita waktu lama untuk menyelesaikan resume pada pertemuan kali ini karena kegiatan terlalu padat dalam rangka peringatan Isra' Mi'raj. Baik, sekarang saya harus selesaikan resume ini tepat jam 14.04 hari Rabu 2 Maret 2022. "Mengenai Pemasaran Buku", di awal  Pak Agus menjelaskan pentingnya buku dalam kehidupan. Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama untuk proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Karena pentingnya buku dalam kehidupan maka pengusaha mendapatkan peluang usaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Menurut Pak Agus, di tengah melesunya bisnis di berbagai industri akibat pandemi Covid-19, industri penerbitan buku sekala Global - Dunia justru bertumbuh. Merujuk laporan Nielsen BookScan ICM, penjualan buku di secara global / Dunia hingga akhir 2021 (YTD) mengalami pertumbuhan cukup signifikan.


Berikut ini data penjualan buku di awal tahun 2022.

Walupun Industri buku di indonesia mengalami penurunan yang dratis di masa pendemi, hingga mencapai 50% hingga 80 %. Penerbit ANDI Offset Yogyakarta masih bisa bertahan dan bertumbuh. Beberapa genre buku yang kontribusinya justru bertumbuh di masa pandemi. Antara lain, genre buku sekolah , buku anak, masak, self improvement, hukum, Bisnis, parenting & family, dan computing & technology. Fenomena menarik di industri penerbitan buku karena di masa pendemi masih bisa bertumbuh dengan penjualan di kanal online dan directselling.

Bertumbuhnya penjulan ini karena ada perubahan pola perilaku konsumen, khususnya segmen remaja. “Konsumen remaja tidak lagi melihat harga, tapi gimmick. Mereka juga selalu ingin menjadi orang yang pertama mendapatkan produk bukunya,”

Oleh karena itu penulis harus memahami strategi yang penerbit ANDI Offset lakukan untuk memasarkan buku-buku yang sudah diterbitkan. Banyaknya katagori produk buku sperti ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, maka dilakukan pemetaan gendre buku. Tidak gampang untuk menentukan strategi pemasaran, karena ada beberapa paktor yang mempengaruhi yaitu.

 1. Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

 2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya

Kemudian setelah dipetakan maka penerbit ANDI Offset melakukan dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara (on line) dan strategi pemasaran buku serangan Darat ( off line ), dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :

A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )

  • 1.  Pentingnya Transformasi Digital

 Selama masa pandemi masyarakat mengalami perubahan pola intraksi sosial yaitu dimana orang-orang sangat menjaga jarak dan berhati-hati menjaga kesehatan selalu memikirkan kelakkan untuk menyentuk barang atau pun bersalaman atau dikenal dengan (Low Touch). Perubahan ini berdampak pada industri begitu juga industri penerbitan buku orang-orang sudah terbatas untuk berkunjung ke pustaka, toko buku dan pasar buku lainnya. Hal ini mengharuskan penerbit berpikir untuk memasarkan buku-buku secara online karena zaman digital mendukung hal ini melalui fasilitas internet yang sudah menjamur kepelosok tanah air. 

Manfaat Digital Marketing antara lain :

 1. Biaya lebih relatif terjangkau atau murah

2. Daya Jangkauan sangat luas

3. Mudah menentukan target pasar buku yang akan kita tawarkan sesuai katagori

4. Komunikasi dengan Konsumen Lebih Mudah

5. Lebih cepat popular

6. Sangat Membantu Meningkatkan Penjualan

         7. Mudah di evaluasi dan di kembangkan 

Menurut Pak Agus pada Strategi On Line ada lima stretegi yang kami lakukan yaitu:

Pertama, melakukan pengelolaan secara intens terhadap buku-buku best seller-nya, yang saat ini jumlahnya mencapai 100 best seller.

Kedua, Kami Penerbit ANDI  juga massif menggelar program Pre Order melalui toko buku online, e-Commerce, maupun reseller individu. “Tak hanya itu, kami juga menjual merchandise, e-book, hingga buat content.

Ketiga, Penerbit ANDI  juga melakukan optimalisasi di semua lini produk, baik optimalisasi promosi, branding, hingga reseller. “Objektifnya, buku sudah bukan lagi untuk dibaca, melainkan sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat".

Keempat, Penerbit ANDI juga melakukan optimalisasi stock produk melalui program bundling dan online.a

Kelima, Penerbit ANDI Offset juga mengelola Dead Stock, yakni mengelola buku-buku yang tidak terjual melalui program diskon dan melakukan books fair / pameran buku secara On Line.

      • 2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas 

Memasarkan buku melalui komunitas sudah sering kita temukan baik di grup WA maupun FB jadi ini lah kemudahan dalam memasarkan buku di era digital. Penerbit ANDI juga terus mengadakan aktifitas pemarasan lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link  Zoom , Live Youtube TV. ANDI, dengan tema – tema yang menarik. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OFF LINE ).

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , Penerbit ANDI melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

1.  Strategi Pemasaran di Toko Buku

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional. 

 Tugas lain Marketing adalah menjalin hubungan baik dengan toko

 

Marketing Toko Buku juga harus memiliki Selling skills , artinya kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menjual produk, baik itu berupa barang ataupun jasa. Selling skills ini sangat menentukan apa yang akan dapat di raih ke depannya dan sukses dan tidaknya dalam berbisnis, secara tidak langsung juga dipengaruhi oleh bagaimana kemampuan seseorang dalam menjual produk yang dimiliki.

Toko juga menganalisis:

1. Buku bets seller

2. Jenis buku yang banyak terjual

3. Menyesuaikan kondisi lingkungan

4. Repot order, persediaan buku yang sudah menipis, jangan sampai kehabisan. 


Untuk mempertajam pemasaran di toko buku dapat kita lakukan Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :

 



 

 1. Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol.                         Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner

2. Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau             periode tertentu.

3. Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,                  Program TAB, Program TAM , dan lain-lain )

4. Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat dilakukan ,        kuncinya  proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.

Closing stetment yang menatik dari narasumber yaitu. "Tantangan terbesar dalam hidup adalah mengubah tragedi menjadi kemenangan, kesedihan menjadi kesuksesan, dan kebingungan menjadi kepercayaan diri." - Richie Norton

Terima kasih kepada narasumber Bapak Agus dan moderator Raliyanti, semoga selalu sehat . Salam literasi

 

 

Membuat Cover Buku yang Menarik

 PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI Resum e   Pertemuan       :  27 Kelas               : Gel. 23 Materi              : Membuat Cover ...