PELATIHAN
BELAJAR MENULIS PGRI
Resume
Pertemuan
: 15
Kelas
: Gel. 23
Materi
: Konsep buku Nonfiksi
Narasumber : Musiin, M. Pd
Moderator
: Dail Ma'ruf
Di pertemuan ke-15 ini kami belajar tentang "Konsep Buku Nonfiksi". Materi akan disampaikan oleh narasumber cantik Bu Musiin, M. Pd beliau adalah alumni BM angkatan 8 Lahir di kota Tahu Takwa Kediri
dan merupakan seorang guru Bahasa Inggris di SMPN 1 Tarokan Kediri sejak tahun
1998
. Kelas Belajara Menulis PGRI memang luar biasa karena setiap angkatan dari BM yang ditaja oleh PGRI bisa dipastikan akan lahir moderator dan narasumber baru untuk angkatan-angatan dibawahnya. ini menunjukkan bahwa kelas belajar menulis dari PGRI berhasil dengan saangat baik. Oh ya, sebagai moderator adalah bapak yang selalu memberi solusi di grup yaitu pak Dail Ma'ruf.

Seperti biasa ada apersepsi di awal pertemuan, kali ini Bu IIn memberikan motivasi agar tiadaka ragu-ragu untuk menjadi seorang penulis. Peserta diminta untuk menghilangkan rasa seperti yang pernah beliau rasakan sebelumnya. Rasa kurang percaya diri yang kadang-kadang mengahntui pikiran penulis pemula. Seperti rasakan
ketika menulis buku adalah sebagai berikut:
1.
Takut tidak
ada yang membaca.
2.
Takut ssalah
dalam menyampaikan pendapat melalui tulisan.
3.
Merasa karya
orang lain lebih bagus.
Ini adalah buku solo Bu IIN yang diterbitkan setelah mengikuti belajar menulis di kelas yang ditaja PGRI dengan judul Literasi Digital Nusantara Meningkatkan Daya Saing Generasi. Buku ini adalah hasil menyelesaikan tantangan dari Prof Ekoji yang sekarang sudah dijual di Gramendia di terbitkan di penerbit mayor. Awalnya beliau minder menulis sekarang sudah menjadi penulis.
Untuk menjadi seorang penulis hendaknya sadarkan diri mengapa kita ingin menjadi penulis. Temukan alasan penguat untuk menjadi seorang penulis atau alasan yang tepat untuk menulis. Sedangkan bu IIN mempunyai alasan khusus agar beliau terus menulis alasan beliau menulis adalah sebagai berikut:
1. Mewariskan ilmu lewat buku.
2. Ingin punya buku karya sendiri yang bisa terpajang di toko buku online maupun offline.
3. Mengembangkan profesi sebagai seorang guru.
yang paling membuat saya terkesan dalam paparan Bu iin yaitu kalimat berikut ini,
Kalimat ini sangat benar, saya bukan lah sia-siapa sebaiknya saya menulis. Berbagi ilmu itu penting atau pun hanya untuk meluahkan isi hati atau pengalaman yang ada dalam diri. Dalam menulis kita sering menemukan hambatan antara lain:
- Hambatan waktu
- Hambatan kreativita
- Hambatan teknis
- Hambatan tujuan
- Hambatan psikologis
Cara
mengatasi hambatan untuk menulis. Solusi
itu ada di diri kita sendiri.
- Banyak membaca
- Mencari inspirasi di lingkungan sekitar,
orang sekitar atau terkait dengan nara sumber
- Disiplin menulis setiap hari.
- Lakukan apa-apa yang menjadi kegemaran kita
untuk merefresh pikiran.
Kemudian dalam menulis nonfiksi maka kita dapat mengambil ide dari sebuah buku dengan tema nonfiksi pula seperti
parenting, pendidikan, motivasi dan lain-lain. Untuk melanjutkan dari tema menjadi sebuah
ide yang menarik, penulis bisa mendapatkan dari berbagai hal, contohnya
- Pengalaman
pribadi
- Pengalaman orang lain
- Berita di media massa
- Status Facebook/Twitter/Whatsapp/Instagram
- Imajinasi, mengamati lingkungan, perenungan, dan membaca buku.
Seperti Bu IIn beliau mengangkat tulisan beliau dengan tema pendidikan. Jadi jika ide itu
datang segera ditulis. karena ide itu mudah datang dan juga mudah pergi.
Dalam
penulisan buku nonfiksi ada 3 pola yakni:
- Pola
Hierarkis (Buku disusun berdasarkan tahapan dari mudah ke sulit atau dari
sederhana ke rumit) Contoh: Buku Pelajaran.
- Pola
Prosedural (Buku disusun berdasarkan urutan proses).Contoh: Buku Panduan.
- Pola Klaster (Buku disusun secara poin per poin
atau butir per butir. Pola ini diterapkan
pada buku-buku kumpulan tulisan atau kumpulan bab yang dalam hal ini
antar bab setara)
Pola yang Ibu
Musiin pakai dalam menulis buku Literasi Digital Nusantara adalah pola ketiga
yakni Pola Klaster. Proses penulisan
buku terdiri dari 5 langkah, yakni
- Pratulis
- Menulis Draf
- Merevisi Draf
- Menyunting Naskah
- Menerbitkan
Langkah Pertama : Pratulis
- Menentukan tema
- Menemukan ide
- Merencanakan jenis tulisan
- Mengumpulkan bahan tulisan
- Bertukar pikiran
- Menyusun daftar
- Meriset
- Membuat Mind Mapping
- Menyusun kerangka
Referensi
penulisan buku bisa dari sumber berikut ini.
- Pengetahuan yang diperoleh secara formal ,
nonformal , atau informal ;
- Keterampilan yang diperoleh secara formal ,
nonformal , atau informal
- Pengalaman yang diperoleh sejak balita
hingga saat ini ;
- Penemuan yang telah didapatkan.
Bagaimana
supaya kemampuan menulis Karya non fiksi kita makin terasah? membuat
kerangka.Kerangka ini saya ajukan ke Prof. Eko dan disetujui untuk melanjutkan
ke proses penulisan.
BAB 1
Penggunaan Internet Di Indonesia
- A. Pembagian Generasi Pengguna Internet
- B. Karakteristik Generasi Dalam
Berinternet
BAB 2 Media
Sosial
- A. Media Sosial
- B. UU ITE
- C. Kejahatan di Media Sosial
BAB 3
Literasi Digital
- A. Pengertian
- B. Elemen
- C. Pengembangan
- D. Kerangka Literasi Digital
- E. Level Kompetensi Literasi Digital
- F. Manfaat
- G. Perapan Literasi Digital Pada
Lintas Geerasi
- H. Kewargaan Digital
BAB 4
Ekosistem Literasi Digital Di Nusantara
- A. luarga
- B. Sekolah
- C. Masyarakat
BAB 5
Literasi Digital Untuk Membangun Digital Mindset Warganet +62
- A. Perkembangan Gerakan Literasi
Digital Di Indonesia
- B. Literasi Digital Tanpa Digital
Mindset Di Indonesia
- C. Membangun Digital Mindset Warganet
+62
Berikut ini adalah Anatomi buku yang harus kita ketahui yaitu.
- Halaman Judul
- Halaman Persembahan (OPSIONAL)
- Halaman Daftar Isi
- Halaman Kata Pengantar (OPSIONAL, minta
kepada tokoh yang berpengaruh)
- Halaman Prakata
- Halaman Ucapan Terima Kasih (OPSIONAL)
- Bagian /Bab
- Halaman Lampiran (OPSIONAL)
- Halaman Glosarium
- Halaman Daftar Pustaka
- Halaman Indeks
- Halaman Tentang Penulis
Langkah
kedua : Menulis Draf
- Menuangkan konsep tulisan ke tulisan dengan
prinsip bebas
- Tidak mementingkan kesempurnaan, tetapi
lebih pada bagaimana ide dituliskan
Langkah ketiga : Merevisi Draf
- Merevisi sistematika/struktur tulisan dan
penyajian
- Memeriksa gambaran besar dari naskah
Langkah
keempat : Menyunting naskah (KBBI dan PUEBI)
- Ejaan
- Tata bahasa
- Diksi
- Data dan fakta
- Legalitas dan norma
Alhamdulillah, ahirnya selesai juga resume ke-15 perjuangan yang luar biasa untuk menyelesaikannya dua hari kehilangan akses internet karena aplikasi chrome tidak berfungsi untuk membuka blok dan akhirnya mencopa dengan Mosilla firefox yang lola sangat menggetarkan jiwa. Begitulah tantangan dan hambatan dalam menulis belum lagi si batita yang selalu menyapa dengan jari-jari kecil di tombol-tombol keyboardku. Terima kasih Bu IIN dan Pak dail. salam sehat dan salam literasi.